PENGERTIAN
MEDIA SOSIAL
Media
sosial (sering
disalahtuliskan sebagai sosial media) adalah sebuah media daring,
dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan
menciptakan isi blog, jejaring
sosial, wiki, forum
dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial, dan wiki
merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di
seluruh dunia.
PERBEDAAN WEBSITE BIASA DENGAN MEDIA SOSIAL
WEBSITE
adalah sekumpulan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet
sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama
terkoneksi
dengan jaringan internet.
MEDIA
SOSIAL adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah
berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial,
wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk
media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
MEMBUAT
MEDIA SOSIAL
1.
CARA MEMBUAT AKUN FACEBOOK
a.
Buka www.facebook.com/r.php.
b. Masukkan nama, email
atau nomor ponsel, kata sandi, tanggal lahir, dan jenis kelamin Anda.
c. Klik Daftar.
d. Untuk menyelesaikan
pembuatan akun, Anda harus mengonfirmasi email atau nomor ponsel
Anda.
2. CARA MEMBUAT AKUN INSTAGRAM
a. Buka instagram.com.
b. Klik Daftar, masukkan
alamat email Anda, buat nama pengguna dan kata sandi atau klik
Login dengan Facebook untuk mendaftar menggunakan akun Facebook.
c. Jika Anda mendaftar
dengan email, klik Daftar.
MACAM-MACAM PEMASARAN SOSIAL
1. FACEBOOK
2.
TWITTER
3.
PINTEREST
4.
LINKEDIN
PEMASARAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL
1. FACEBOOK
VIRAL MARKETING
Pemasaran Viral
adalah strategi dan proses penyebaran pesan elektronik yang menjadi saluran
untuk mengkomunikasikan informasi suatu produk kepada masyarakat secara meluas
dan berkembang.
FUNGSI VIRAL MARKETING
Viral
marketing berfungsi untuk
mendorong seseorang agar menyampaikan kembali pesan atau informasi produk secara
kuat, berkala, dan berkelanjutan. Dengan cara tersebut, konsumen jadi memiliki
daya ingat yang kuat terhadap produk yang ditawarkan.
FAKTOR PENDUKUNG VIRAL
MARKETING
1. Produknya berkualitas dan memang diperlukan
oleh konsumen, bukan produk yang mengada-ada, atau terlalu asing bagi konsumen,
apalagi yang masih kontroversial.
2. Harga produk bersaing dengan merek lain di toko atau di supermarket pada umumnya.
3. Program yang ditawarkan kepada konsumen bersifat sederhana dan mudah dimengerti.
4. Memberikan bonus minimal enam level, agar bisa mendapatkan bonus yang berarti.
5. Bonus bersifat residual, bukan hanya satu kali saja tapi berkelanjutan sesuai dengan penghasilan perusahaan penyelenggara program.
6. Tidak ada target menjual atau target point apapun, apalagi target penjualan downline.
7. Tidak ada syarat jumlah downline ataupun jabatan downline.
8. Tidak ada syarat pembayaran kepersertaan, biaya pendaftaran, atau syarat iuran apapun.
9. Tidak ada diwajibkan ikut seminar atau pelatihan tertentu dalam bentuk apapun.
10. Syarat belanja sesuai dengan kebutuhan wajar sebagai konsumen.
11. Pengorbanan maksimal anda hanyalah mengganti merek dari yang biasa ke merek yang memberikan program.
2. Harga produk bersaing dengan merek lain di toko atau di supermarket pada umumnya.
3. Program yang ditawarkan kepada konsumen bersifat sederhana dan mudah dimengerti.
4. Memberikan bonus minimal enam level, agar bisa mendapatkan bonus yang berarti.
5. Bonus bersifat residual, bukan hanya satu kali saja tapi berkelanjutan sesuai dengan penghasilan perusahaan penyelenggara program.
6. Tidak ada target menjual atau target point apapun, apalagi target penjualan downline.
7. Tidak ada syarat jumlah downline ataupun jabatan downline.
8. Tidak ada syarat pembayaran kepersertaan, biaya pendaftaran, atau syarat iuran apapun.
9. Tidak ada diwajibkan ikut seminar atau pelatihan tertentu dalam bentuk apapun.
10. Syarat belanja sesuai dengan kebutuhan wajar sebagai konsumen.
11. Pengorbanan maksimal anda hanyalah mengganti merek dari yang biasa ke merek yang memberikan program.
KELEBIHAN VIRAL MARKETING
− Cepatnya penyebaran informasi melalui internet
tidak bisa dibandingkan dengan sarana informasi lainnya. Pengaruh eksponen
internet sangat unik. Hanya dalam hitungan detik,
sebuah pesan bisa dibaca oleh banyak orang di seluruh dunia.
− Kekuatan viral marketing membuat biaya yang dikeluarkan untuk menyebarkan informasi itu sangat kecil. Misalnya Hotmail yang hanya mengandalkan modal sebesar $500.000 bisa menarik lebih dari 10 juta pengguna alamat hotmail dalam satu tahun. Setiap pengguna hanya menyisihkan uang dibawah 5 sen.
− Viral marketing mempunyai korelasi dengan merk yang sudah terkenal, penggunaan website dan kesetian pelanggan. Hal ini disebabkan oleh proses referal yang terdapat pada hubungan yang berlandaskan atas rasa percaya.
− Viral marketing memberikan kredibilitas instan pada perusahaan atau produk dan pengguna jasa marketing yang paling ramah melalui pengiriman pesan.
− Viral marketing bisa diukur, menawarkan kesempatan pada marketer untuk melacak dan menganalisa keefektifan kampanye yang sudah dilakukan.
sebuah pesan bisa dibaca oleh banyak orang di seluruh dunia.
− Kekuatan viral marketing membuat biaya yang dikeluarkan untuk menyebarkan informasi itu sangat kecil. Misalnya Hotmail yang hanya mengandalkan modal sebesar $500.000 bisa menarik lebih dari 10 juta pengguna alamat hotmail dalam satu tahun. Setiap pengguna hanya menyisihkan uang dibawah 5 sen.
− Viral marketing mempunyai korelasi dengan merk yang sudah terkenal, penggunaan website dan kesetian pelanggan. Hal ini disebabkan oleh proses referal yang terdapat pada hubungan yang berlandaskan atas rasa percaya.
− Viral marketing memberikan kredibilitas instan pada perusahaan atau produk dan pengguna jasa marketing yang paling ramah melalui pengiriman pesan.
− Viral marketing bisa diukur, menawarkan kesempatan pada marketer untuk melacak dan menganalisa keefektifan kampanye yang sudah dilakukan.
MEDIA VIRAL MARKETING
1.
EMAIL
EMAILadalah Suatu sarana untuk mengirim dan menerima surat
atau pesan dengan format digital melalui jalur jaringan komputer dan internet.
2.
BLOG
Blog merupakan
singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk
tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.
Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu
sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.
3.
JEJARING
SOSIAL
Jejaring
sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul yang
dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide,
teman, keturunan, dll. Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan
sosial sebagai simpul dan ikatan.
4.
VIDEO
VIRAL
Video viral adalah sebuah video yang menjadi populer melalui
proses viral dari pembagian Internet, biasanya melalui situs web berbagi video,
media sosial dan surat elektronik.
5.
VIRAL
E-BOOK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar